-->

Wanita, Keluarga, Pernikahan, Jalinan Asmara, Anak, Kehamilan dan sebagainya

Sunday 29 November 2015

Gerakan-Gerakan dan Manfaat Senam Hamil 9 Bulan

Artikel ini adalah tentang senam hamil 9 bulan, akan dijelaskan gerakan gerakan senam hamil yang umum dan juga manfaat manfaat senam hamil . Selamat membaca .



Kehamilan adalah hal yang paling ditunggu oleh sepasang suami isteri. Disaat mereka menanti sang calon buah hati, mereka dihinggapi berbagai masalah. Mulai dari masalah kehamilan sampai masalah menjelang persalinan. Kehamilan seseorang pada dasarnya berusia sekitar 9 bulan 10 hari. Menjelang angka-angka itu, pasangan suami isteri pasti dirundung rasa was-was. Tidak hanya untuk anak pertama, namun anak kedua dan seterusnya pasti akan merasa gugup menjelang persalinan. Untuk mengatasai masalah gugup dan kelancaran saat persalinan, banyak para calon ibu melakukan senam hamil 9 bulan. Senam ini merupakan senam yang sedang diminati banyak ibu hamil saat ini. Mereka melakukan hal ini guna kelancaran saat proses persalinan nanti. Senam seperti ini mudah dilakukan. Bahkan para calon ibu dapat melakukannya sendiri dirumah. Gerakan-gerakan dalam senam hamil 9 bulan ini hanya perlu dilakulan saat usia kehamilan menginjak 9 bulan sampai akan terjadinya proses persalinan.

Gerakan gerakan senam hamil


1. Duduk bersila

Salah satu gerakan yang dapat dilakukan adalah dengan duduk bersila dan kedua tangan berada di atas paha. Posisi ini seperti posisi saat meditasi yoga. Kemudian aturlah nafas, hirup dan keluarkan perlahan. Gerakan ini dapat membantu para calon ibu untuk melatih pernafasan mereka saat persalinan nanti
2. Posisi merangkak

Gerakan yang lain adalah, posisi merangkak. Setelah merangkak, kempiskan perut dan mengerutkan dubur. Lakukan gerakan seperti ini 8 kali saat melakukan senam. Lalu para calon ibu hamil juga dapat melakukan gerakan untuk melatih mengejan saat proses persalinan. Gerakannya sedikit sulit, yaitu meletakkan kepala dan leher di lantai dengan posisi merangkak. Kemudian yang harus dilakukan adalah tarik nafas dengan keadaan mulut terbuka, lalu tutup mulut dan lakukan dorongan seperti mengejan saat BAB.

3. Posisi jongkok


Cara lain yang dapat dilakukan saat senam hamil 9 bulan adalah dengan cara jongkok. Dimulai dari berdiri tegak, kemudian jongkok secara perlahan dengan posisi punggung masih tegak. Tahan posisi jongkok selama kurang lebih 10 menit lalu berdiri. Gerakan ini dapat memperkuat otot paha dan meregangkan otot panggul.

4. Pose kupu kupu


Gerakan yang lain dari senam ini adalah pose kupu-kupu. Caranya cukup mudah. Para calon ibu hanya perlu duduk di lantai. Kemudian pertemukan kedua telapak kaki didepan seperti bertepuk tangan lalu mendorong lutut ke lantai. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

5. Jalan kaki


Gerakan yang terakhir yang dapat dicoba para calon ibu adalah jalan kaki. Saat usia kehamilan menginjak 9 bulan, para calon ibu banyak yang melakukan gerakan ini. Gerakan yang sangat mudah dilakukan dan manfaatnya cukup banyak untuk proses persalinan nantinya



Manfaat Senam Hamil


Mengenai manfaat dari gerakan-gerakan tersebut, dapat dirasakan ketika para calon ibu sedang dalam proses persalinan. Manfaat dari senam hamil 9 bulan ini diantaranya dapat melatih pernafasan para calon ibu saat proses persalinan berlangsung. Kemudian gerakan jongkok yang dapat meregangkan otot panggul dan memperkuat otot paha yang juga sangat bermanfaat saat proses persalinan. Dengan melakukan senam ini, para calon ibu juga akan lebih merasa tenang dan rileks saat kontraksi maupun saat proses persalinan.

Manfaat yang lain adalah membantu posisi bayi untuk cepat masuk pada jalur lahir. Ini adalah manfaat saat para calon ibu melakukan jalan kaki saat usia kehamilan 9 bulan. Dengan demikian, tidak ada salahnya para calon ibu melakukan senam ini, karena manfaat yang cukup besar dan cukup aman