-->

Wanita, Keluarga, Pernikahan, Jalinan Asmara, Anak, Kehamilan dan sebagainya

Thursday 5 November 2015

HPHT 1 Bulanan Tapi Hasil USG 3 Minggu, Mana Yang Benar?

Salah satu cara menghitung usia janin adalah dengan , rumus Naegle. Rumus ini didasarkan pada hari pertama haid terakhir (HPHT) seperti yang sudah dijelaskan di atas, dan sebenarnya hanya dapat digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid teratur, yakni antara 28-30 hari. Karena beberapa wanita ada juga yang mens nya tidak teratur, Seperti teman saya mengalami mens 3 bulan sekali. Saya sempet mikir, nanti kalo dia nikah, trus langsung hamil seperti istri saya apa reaksi suaminya ketika tahu istrinya baru dinikahin beberapa minggu tapi udah hamil 3 bulan hahaha..

Nah buat yang mengalami kasus mens tidak teratur, beruntung lah kita berada di era teknologi sekarang yang bisa menggunakan USG sebagai alat untuk menghitung perkiraan usia janin. Dengan alat ini perkiraan persalinan bisa ditentukan cukup akurat jika pemeriksaan USG dilakukan antara usia kehamilan 7–11 minggu (trimester pertama). Ukuran bayi saat itu belum terlalu besar sehingga dokter bisa mengukur kepala sampai kaki janin (crown rump length atau CRL) dalam satu bidang. Lewat dari 11 minggu, kesalahannya adalah plus minus 7–10 hari. Sementara kalau USG baru dilakukan pada trimester kedua, kesalahannya sudah plus minus 2–3 minggu. Kalau dilakukan pada trimester ketiga, kesalahannya sudah plus minus 3–4 minggu. Jadi, semakin besar suatu kehamilan, semakin tidak akurat untuk menentukan usia kehamilan atau taksiran persalinannya. Hal ini dikarenakan perhitungan usia janin dengan menggunakan USG adalah dengan mengukur perkembangan bayi seperti Panjang janin, Lingkar Kepala, Lingkar Perut, Dll dan tentunya perkembangan janin tiap ibu hamil pasti berbeda-beda. Logikanya seperti kita menaksir usia seorang anak yang mempunya tinggi badan 110 cm yang rata-rata berusia 5 tahun, tapi ada juga anak 5 tahun yang tingginya 120 cm atau 100 cm, seperti itulah cara kerja USG. Mengingat taksiran persalinan USG tidak 100% akurat, penting membandingkannya dengan taksiran persalinan berdasarkan HPHT.

Baca juga : Nikah 2 Minggu, Usia Janin 1 Bulan 5 Hari, Kok Bisa?

Pengalaman pemeriksaan USG istri saya pertama kali , hasil USG menunjukan angka 3 Minggu. Terlihat perbedaan yang mencolok terhadap tafsiran antara hasil HPHT dan usg ini. Untuk trimester pertama ini saya lebih percaya hasil USG daripada HPHT, karena selain karena usia pernikahan saya yang baru 2 minggu, Pemeriksaan dengan USG di Minggu-Minggu Awal kehamilan tingkat kesalahannya plus minusnya sekitar 1 Minggu sehingga akurasinya lebih tepat. Penggunaan USG kalo udah trimester kedua atau trimester ketiga kehamilan USG tingkat akurasinya semakin berkurang, Pengalaman saya periksa usg di usia kehamilan istri yang sudah 35 Minggu (versi HPHT) ternyata setelah diperiksa dengan USG hasilnya adalah 31 Minggu. Jadi gimana nih cara mengetahui usia janin yang tepat? jawabannya nggak ada yang tahu bro, Rahasia Ilahi!! Mending HPHT dan USG nya dipakai saja buat perbandingan prediksi kelahiran.